Home » , » Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Rumah Kost

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Rumah Kost

Written By Admin on Kamis, 01 November 2012 | 20.17.00



Bisnis rumah kost-kosan sering dianggap bisnis yang menjanjikan dan relatif cukup mudah dalam pengolahannya. Pasalnya, hanya dengan modal bangunan dengan banyak kamar dan kamar mandi, bisnis ini sudah bisa dijalankan. Mengenai hasil ga usah di tanyakan kalau lokasi rumah kost tersebut di perkotaan besar seperti Jakarta atau Surabaya pasti menggiurkan.

Berikut ini kelebihan dan kekurangan dalam binis rumah kost-kosan.



Kelebihan
  1. Tingkat permintaan dan hunian tergolong tinggi, di kota-kota besar, apalagi di kawasan-kawasan yang berdekatan dengan kampus, pusat belanja, atau perkantoran
  2. Mahasiswa dan pelajar umumnya memilih tinggal di lokasi yang berdekatan dengan kampus meraka, rumah kost menjadi pilihan utama, karena harga sewanya cukup terjangkau bagi mereka. Di sisi lain, karyawan atau pegawai yang masih bujang pasti lebih memilih rumah kost dari pada rumah kontrakan.
  3. Capital gain rumah kost dapat diperoleh dalam jangka panjang (lebih dari lima tahun). Dibanding investasi tanah kosong dan rumah sewa, capital gain rumah kost rata-rata lebih tinggi. 
  4. Rumah kost memiliki capital rate (Cap-rate) 5% - 7%. Dibandingkan dengan rumah kontrakan, Cap Rate rumah kost memang lebih tinggi. Pasalnya, rumah kost mesti memberikan servis bagi penghuninya, seperti jasa tukang cuci dan setrika, atau manajemen yang membatasi waktu kunjungan (biasanya diterapkan pada rumah kost khusus wanita). 

Kekurangan 
  1. Pemilik Kost harus menyiapkan manajemen yang membuat peraturan dan melayani kebutuhan para penyewa. Terkadang pemilik rumah kost juga menyewa orang yang secara khusus bertugas melayani dan mengawasi para penyewa, jika pemilik tinggal berjahuan dari rumah kost.
  2. Pembayaran kadang tersendat. Pada umumnya penyewa rumah kost adalah mahasiswa atau pegawai toko yang bergaji tidak terlalu besar. 
  3. Rumah kost tidak lagi diminati jika kampus atau pusat belanja yang berada di dekat lokasi tersebut pindah atau tutup. Akan tetapi hal ini jarang sekali terjadi, sehingga berinvestasi rumah kost tetap menjadi pilihan yang cukup aman.

Baca juga:
Hal Penting Dalam Bisnis Rumah Kost
Trik membeli properti kost-kosan

Catatan : Tidak ada jaminan valid pada data info properti atau harga yang tercantum diatas, bisa langsung menghubungi kontak yang tertera di atas, terimakasih harap maklum.
* Tips untuk calon penyewa hati-hati terhadap penipuan, jangan percaya uang panjer / deposit / DP baca selengkapnya disini
* Jika propeti anda sudah laku / tersewa atau ingin menutup / edit bisa di konfirmasikan disini