Home » , , » Desain Rumah Hijau Ramah Lingkungan Hemat Energi

Desain Rumah Hijau Ramah Lingkungan Hemat Energi

Written By Admin on Senin, 06 April 2015 | 05.29.00


Desain Rumah Lebih Hijau Ramah Lingkungan Hemat Energi

Rumah idaman adalah rumah yang sehat dapat membuat nyaman dan tidak merepotkan penghuninya. Mari kita mengenali apa itu rumah hijau. Rumah hijau adalah desain rumah yang dirancang sedemikian rupa untuk memenuhi kriteria ramah lingkungan dan hemat energi dan tentu saja sehat dan layak untuk dihuni. Selain sedap dipandang mata rumah ramah lingkungan juga dapat menekan kebutuhan akan energi, rumah dengan konsep tersebut merupakan upaya untuk mengurangi pemanasan global. Untuk itu buatlah rumah anda sehijau mungkin dan seramah mungkin dengan lingkungan hidup di sekitarnya, selain nyaman rumah hijau juga dapat meningkatkan kuwalitas hidup sang penghuni rumah.


Berikut bagian-bagian yang diperlukan pada sebuah desain rumah hijau.
  • Banyak Jendela Rumah 
    Desain rumah banyak jendela bertujuan agar terjadi sirkulasi udara dengan baik dan berkelanjutan di dalam rumah tersebut. Dengan banyak jendela otomatis sinar matahari secara langsung dapat masuk disetiap ruangan rumah sehingga ventilasi berjalan dengan baik dan membuat rumah anda terasa segar. Dan juga menghemat biaya listrik karena bisa mengurangi penggunaan AC, Kipas Angin dan Lampu.
  • Kebun Taman
    Pembuatan taman sangat bagus dan bermanfaat bagi rumah anda. Penghijauan dapat menyejukan rumah anda dan juga dapat diambil hasilnya jika anda menanam buah-buahan. Tanamlah tanaman rindang, bunga, buah maupun rumput. Yang penting rumah terasa sejuk dan nyaman. Untuk tanaman sebaiknya tanaman yang mudah perawatannya dan tidak terlalu menyita waktu dalam merawatnya.
  • Gunakan Bahan atau Material Organik
    Bahan atau material ternyata berpengaruh dalam ketahanan rumah atau hunian anda. Dengan material organik atau bahan yang berasal dari alam biasanya tahan lama. Anda juga bisa menggunakan barang bekas selama bahan tersebut masih bisa atau layak digunakan untuk rumah anda. Hindari bahan berkarbon tinggi, bahan tersebut sangat berpengaruh buruk bagi rumah anda. Material yang tidak atau belum standar green material biasanya meninggalkan karbon yang tinggi dan mempunyai dampak buruk bagi kesehatan.
  • Green Life Style
    Mulailah dari sekarang mencanangkan hidup Green Life Style, cara hidup tersebut dapat anda lakukan dengan menanam tanaman sendiri seperti sayuran, tanaman hias, tanaman buah, rumput halaman. Dan juga memasang biopori, mengumpulkan sampah organik untuk dijadikan pupuk kompos serta hal-hal yang menyangkut tentang hidup secara Green Life Style. Pisahkan sampah organik dan plastik.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.

Catatan : Tidak ada jaminan valid pada data info properti atau harga yang tercantum diatas, bisa langsung menghubungi kontak yang tertera di atas, terimakasih harap maklum.
* Tips untuk calon penyewa hati-hati terhadap penipuan, jangan percaya uang panjer / deposit / DP baca selengkapnya disini
* Jika propeti anda sudah laku / tersewa atau ingin menutup / edit bisa di konfirmasikan disini