Home » , » Hati-hati Penipuan berkedok mendapatkan Beasiswa

Hati-hati Penipuan berkedok mendapatkan Beasiswa

Written By Admin on Jumat, 27 November 2015 | 18.49.00


Seperti yang dilangsir oleh okezone jika kita perlu waspada di mencari informasi agar tidak terjebak dalam beasiswa palsu. Agar kita enggak jadi korban, simak beberapa tanda beasiswa palsu berikut ini.
Jaminan. Tidak ada lembaga representasi beasiswa yang bisa menjamin seorang pelamar pasti lolos seleksi dari donor tertentu. Jika menemukan hal ini, kamu patut waspada.


Tawaran tidak resmi
Waspadai juga telefon, surat atau e-mail yang memberimu penawaran beasiswa padahal kamu tidak pernah merasa melamar program tersebut. Ingat, ada proses seleksi yang harus dijalani dalam semua program beasiswa.

Bayaran
Tidak pernah ada program beasiswa yang mengharuskan pelamarnya membayar sejumlah uang terlebih dulu, termasuk untuk biaya pendaftaran.

Tawaran terbatas
Hal yang membatasi tawaran beasiswa adalah deadline pendaftaran. Selain itu, lembaga donor biasanya tidak memaksa orang untuk mendaftar ke program beasiswa mereka. Jika mendapat penawaran beasiswa dan kamu merasa tertekan untuk mengambilnya saat itu juga, bisa jadi penawaran tersebut palsu.
Informasi pribadi

Selain informasi biodata dasar, lembaga donor enggak akan meminta informasi pribadi seperti nomor rekeningmu. Informasi ini biasanya hanya akan diminta jika kamu sudah resmi lolos seleksi sebagai penerima beasiswa. Tetapi jika dalam proses pendaftaran kamu diminta mencantumkan informasi tersebut, waspadalah. Sebab, bisa saja hal tersebut disalahgunakan.

Syarat pendaftaran
Semua beasiswa resmi pasti memiliki syarat pendaftaran, entah itu umur maksimal, gelar pendidikan minimal, dan sebagainya. Waspadalah jika ditawari beasiswa tanpa syarat pendaftaran khusus.

Tidak bisa dikontak
Biasanya, lembaga pemberi beasiswa akan mencantumkan informasi kontak mereka untuk membantu para pelamar yang memiliki pertanyaan. Jika menemukan website beasiswa tanpa informasi kontak, maka kamu perlu mencurigai legalitasnya.

Nah temen-temen, semua memang butuh pengorbanan, tetapi tidak pernah mengharuskanmu membayar. Institusi resmi yang mengeluarkan beasiswa tak akan memunut biaya. Selain itu, jika tawaran beasiswa nampak terlalu indah dan mudah, jangan mudah percaya. Selamat berburu beasiswa!

source : okezone.com

Catatan : Tidak ada jaminan valid pada data info properti atau harga yang tercantum diatas, bisa langsung menghubungi kontak yang tertera di atas, terimakasih harap maklum.
* Tips untuk calon penyewa hati-hati terhadap penipuan, jangan percaya uang panjer / deposit / DP baca selengkapnya disini
* Jika propeti anda sudah laku / tersewa atau ingin menutup / edit bisa di konfirmasikan disini