Home » , » Kostku Surgaku

Kostku Surgaku

Written By Admin on Senin, 04 Agustus 2014 | 08.30.00


Kost Surgaku

Petaka & Bahagia di Kamar Kost
Kost-kosan, kata-kata atau istilah yang sangat akrab dan tak asing lagi di telinga sebagian dari kita para perantau dan mahasiswa. Kost adalah rumah kedua bagi mereka, dimana mereka dapat beristirahat atau melakukan segala aktifitas sehari-hari, diluar kegiatan bekerja di kantor atau belajar di kampus.


Faktor jarak dan biaya seringkali membuat banyak orang lebih memelih tinggal di kost dari pada di rumah. Namun jangan dianggab tinggal di kost akan terbebas dari permasalahan, sering kali kita menjumpai permasalahan yang tak sedikit, seperti kasus kriminal, kehilangan, narkoba sampai asusila sering terdengar di berbagai lokasi kost-kosan. Bahkan saat ini kost-kosan sering juga disalahgunakan sebagai tempat transaksi maksiat bahkan kasus kriminal seperti pembunuhan dan perkosaan. Entah kerena kebebasan, keamanan dan kenyaman atau privasi yang terfasilitasi secara sempurna sehingga kerab ditengarai sebagai tempat menjamurnya perbuatan maksiat, khususnya di kalangan muda mudi. Sungguh ironi memang. Di satu sisi kost menawarkan jasa tempat tinggal sementara yang nyaman, aman dan mudah bagi para penghuninya, namun di sisi lain dengan fasilitas yang ditawarkan akan menjadi arena berkembangnya maksiat. Separah itukah dunia kost-kosan saat ini?

Sikapi Dengan Bijaksana
Fenomena ini jangan lantas dijadikan landasan bagi kita untuk menghakimi bahwa semua kost-kosan buruk. Tetap masih ada kost-kosan yang menjaga ketat perilaku penghuninya dengan aturan-aturan yang harus ditaati oleh para penghuninya, sehingga tidak terjadi tindakan-tindakan asusila atau kriminal di lingkungan kost-kosan mereka. Di beberapa kota pelajar seperti Jogja, Bandung, Malang dan kota besar seperti Jakarta dan Surabaya, beberapa kost-kosan justru rutin mengadakan kegiatan kajian keagamaan. Bagi remaja putri, memilih tempat kost tentulah harus lebih berhati-hati lagi. Korban kejahatan di tempat kost bisanya adalah wanita. Begitu besar pengaruh lingkungan pergaulan kost bagi para penghuninya sehingga alangkah baiknya bila memperhatikan siapa teman dan tetangga kost kita. Tinggal di lingkungan kost yang baik ibarat gudang minyak wangi, kalaupun ia bukan pemilik minyak wangi tersebut, setidaknya ia mendapat aroma wangi semerbaknya, begitu pula sebaliknya jika tinggal di lingkungan kost yang buruk ibaratnya tempat pandai besi, kalaupun ia bukan pandai besi tersebut, pasti ia bakal terkena aroma sangit dari tungku si pandai besi.

Pada kenyataan saat ini jumlah kost-kosan yang benar-benar berusaha untuk menerapkan aturan yang tegas hari ke hari semakin berkurang. Beberapa kost-kosan justru tidak diminati karena keketatan atau ketegasan aturan yang diterapkan, seperti ketegasan dalam persoalan pergaulan lawan jenis dan aktivitas perilaku para penghuninya. Inilah yang menjadi dilema, yang pada akhirnya para pemilik kost lebih memberikan banyak kelonggaran dan kebebasan kepada penghuni kostnya asal biaya sewa dibayar lancar.

Kamar Kost yang Terindah
Kamar kost hakekatnya tidaklah berbeda dengan rumah dimana fungsi dan manfaat sebagai tempat tinggal, berteduh dan berlindung dari panas dan hujan, tempat istirahat setelah lelah belajar, bekerja dan beraktivitas di luar. Antara senang dan duka selalu menyertai di kehidupan para penghuni kost. Bahkan bisa jadi prahara hidup ketika salah dalam memilih tempat kost. Ruangan tersebut mungkin saja menjadi tempat kebaikan dan kesuksesan bagi penghuninya atau malah sebaliknya.

Harus selalu diingat bahwa kebahagiaan pemilik atau penghuni tempat tinggal bukanlah terletak pada indahnya bangunan, perabot yang mewah, atau fasilitas yang lengkap. Namun kebahagiaannya bersumber dari keimanan dalam hati dan dari jiwanya yang tenang.

Bagaimana cara mengubah kamar kost jadi tempat terindah di muka bumi ini?
  • Jahui Maksiat, hindari perbutan maksiat di saat kamu sendirian maupun bersama orang lain. Karena banyak maksiat yang dapat dilakukan secara leluasa di kost-kosan, seperti mabuk-mabukan, narkoba, bergaul bebas dengan lawan jenis, melihat tontonan maksiat dan beragam maksiat yang lain.
  • Hormati tetangga kost, tolong menolong dan jangan bersikap cuek, jadilah penghuni kost yang ramah dan bersahabat dengan lingkungan di sekitar Anda.
  • Jaga kebersihan dan keteraturan, buatlah kamar kostmu selalu bersih dan teratur sehingga kamu merasa nyaman untuk tinggal di dalamnya.

Sukses berawal dari kost-kosan
Hidup jauh dari orang tua ada plus minusnya. Nilai plusnya seseorang akan secara alamiah akan berusaha untuk mandiri, dan memupuk semangat juang untuk hidup secara nyata karena jauh dari orang tua dan sepenuhnya akan menjadi tanggung jawabnya sendiri. Namun untuk minusnya atau nilai negatifnya bisa lebih besar bagi orang yang mungkin kurang bertanggung jawab ketika jauh dari pengawasan orang tua atau keluarganya.

Hal ini bisa saja terjadi karena banyak sekali faktor yang mempengaruhinya, seperti faktor lingkungan yang kurang kondusif, faktor teman dan sebagainya.

Nah, gimana sih agar kita bisa sukses dan berakhir bahagia untuk masa depan kita selama tinggal di kost-kosan? simak ulasan di bawah ini...

  • Benar dalam memilih lingkungan kost-kosan, lingkungan begitu berpengaruh dalam membentuk karakter dan kepribadian serta cara pandang seseorang. Lingkungan yang rusak akan berdampak pada rusaknya akhlak dan perilaku seseorang, sebaliknya lingkungan yang baik akan menjadikan seseorang menjadi baik. Jadi begitu pentingnya pengaruh lingkungan, maka ada baiknya kita mesti lakukan adalah mencari lingkungan pergaulan yang baik, atau jika tidak memungkinkan maka kita harus membuat lingkungan yang baik di tempat kita berada. Cari lokasi kost-kosan selain dekat dengan kampus atau kantor usahakan yang dekat dengan tempat ibadah yang kita yakini, perhatikan juga iklim atau suasana bertetangga sekitarnya.
  • Teman dan sahabat, pilih pergaulan yang baik maka kita akan menemukan teman yang baik pula. Teman juga menjadi faktor penting yang dapat mempengaruhi warna kehidupan kita, apakah masa depan kita akan berwana cerah atau suram itu tergantung pada siapa kita berkawan.  Banyak sekali contoh yang beredar pada masyarakat yang bisa kita jadikan cermin dalam menentukan masa depan diri kita. Buruknya teman bergaul bisa menjadikan seseorang terjerumus menjadi tidak benar bahkan binasa dan celaka. Berapa banyak kasus yang hanya karena pengaruh temen seseorang menjadi pecandu miras, narkoba dan penganut pergaulan bebas? Dan sebaliknya betapa banyak orang sukses dan berhasil di masa depannya karena adanya pengaruh teman yang baik dan sukses. Makanya teman dalam kehidupan ini tidak bisa kita anggap remeh.
  • Duniawi, jangan melulu memikirkan duniawi, imbangi dengan ibadah karena hidup tidak hanya untuk dunia melainkan lebih dari pada itu. Membentengi diri kita dengan iman maka kita terhindar dari pengaruh-pengaruh negatif yang hanya akan merugikan diri kita di kemudian hari.


Itulah hal-hal yang bisa menjadi acuan dalam memilih kost-kosan yang baik serta dapat membantu kita menjadi sukses dan bahagia ketika harus hidup jauh dari orang tua atau keluarga.

Baca tips cari kost bagi mahasiswa baru
Baca tips cari kost menggunakan feng shui

Catatan : Tidak ada jaminan valid pada data info properti atau harga yang tercantum diatas, bisa langsung menghubungi kontak yang tertera di atas, terimakasih harap maklum.
* Tips untuk calon penyewa hati-hati terhadap penipuan, jangan percaya uang panjer / deposit / DP baca selengkapnya disini
* Jika propeti anda sudah laku / tersewa atau ingin menutup / edit bisa di konfirmasikan disini