Home » , , » Handphone Kecemplung Air, Jangan Panik

Handphone Kecemplung Air, Jangan Panik

Written By Admin on Senin, 21 Januari 2013 | 18.42.00


Handphone masuk ke bak mandi, atau terendam banjir... Jangan Panik

Ini ada beberapa tips dan langkah-langkah untuk pertolongan pertama pada handphone yang tercelub atau terendam air

  1. Segera angkat secepatnya dari air, jangan di nyalakan, namun jika kondisi masih nyala segera matikan.
  2. Segera keringkan dengan baju anda atau handuk.
  3. Lepas semua casing, baterai, kartu ponsel / SIM card dan memori external jika ada.
  4. Kalau mempunyai obeng yang sesuai, bongkar semuanya, tapi anda harus baca buku manualnnya dan yakin bahwa nanti anda bisa pasang kembali (langkah optional).
  5. Usab semua celah dengan lap penyerap air layaknya kanebo, perhatikan di sudut-sudut, celah bebaskan semua dari air jangan sampai ada air yang tertinggal.
  6. Jangan di hairdryer ingat jangan pakai hairdryer untuk mengeringkan.
  7. Pakailah vacuum cleaner bila ada, ganti moncong penyedotnya dengan moncong kusus menyedot debu di celah-celah, biasanya pipih. Nyalakan dan sedot kesemua bagian handphone ke tiap-tiap bagian, sedot dengan teliti di bagian keypad jika handphone anda bukan touchscreen, kalau bisa selama mungkin sampai benar-benar kering.
  8. Diamkan handphone di tempat kering semalaman atau lebih. Kalau ada beras bisa rendam di dalam beras lebih bagus lagi, waktunya sama semalaman atau lebih lama.
  9. Setelah melalui semua langkah di atas, pasang / satukan kembali semua casing, sim card, memori card, dan baterei lalu hidupkan.
  10. Jika tidak hidup, bawa ke tukang service handphone, tapi kadang biayanya hampir sama dengan beli baru, jika ada onderdil yang rusak.
  11. Bagusnya segera beli tabloid gadget cari info harga handphone baru, kalau low budget beli handphone murah atau handphone bekas / second.
Ini ada beberapa kebiasaan yang harus diwaspadai atau dihindari untuk dapat meminimalisir resiko handphone / smartphone anda bergumul dengan air.
  1. Hilangkan kebiasaan melakukan aktivitas dengan handphone anda selama di dalam kamar mandi / toilet. (biasanya banyak dilakukan oleh anak ABG, anak kost atau orang yang lagi kasmaran dan di mabuk cinta. Telpon jalan terus walau kebelet e'ek atau pipis, lebih parahnya lagi SMSan)
  2. Bagi pengguna sepeda motor, musim hujan biasakan bawa mantel / jas ujan, masukin handphone kedalam kantong plastik, banjir jangan di terjang.
  3. Masukkan handphone dalam tas jika melakukan aktivitas renang, apalagi di kolam renang umum atau pantai.
  4. Jauhkan handphone dari cangkir kopi, gelas teh anda.
Nah itulah tips dan langkah pertama menyelamatkan handphone / smartphone anda jika masuk ke dalam air, semoga dapat membantu.

Catatan : Tidak ada jaminan valid pada data info properti atau harga yang tercantum diatas, bisa langsung menghubungi kontak yang tertera di atas, terimakasih harap maklum.
* Tips untuk calon penyewa hati-hati terhadap penipuan, jangan percaya uang panjer / deposit / DP baca selengkapnya disini
* Jika propeti anda sudah laku / tersewa atau ingin menutup / edit bisa di konfirmasikan disini